
Time of Wonders: Planetfall adalah science fiction turn off
seri fantasi yang sudah berjalan lama; Alpha Centauri hingga Zaman Peradaban
Keajaiban II. Penggemar seri ini akan menemukan Planetfall segera akrab, karena
mempertahankan dinamika Triumph sekarang 'lebih cepat 4X' dibumbui dengan
pertempuran taktis gaya-XCOM. Apa yang dimiliki Planetfall itu baru adalah para
faksi yang menyenangkan, mulai dari ubur-ubur yang sangat pandai hingga spesies
yang terus-menerus membangun kembali dirinya dari daging musuh-musuhnya yang
jatuh.
Membangun Kota dan Melakukan Penelitian Baru
Untuk pendatang baru ke seri Age of Wonders, tulang-tulang
permainan akan akrab dari visi seri Civilization of the 4X: tiba di planet ini,
membangun kota pertama, meneliti teknologi baru, menjelajahi dan mendiami
daerah sekitarnya, dan membangun sebuah pasukan militer untuk menghadapi ancaman
sekitar dan pemain lain yang mencoba melakukan hal yang sama. Tujuan utama Anda
adalah untuk menghilangkan pesaing Anda atau menyelesaikan beberapa pencapaian
yang mengubah dunia.
Tetapi kesampingkan peta dunia berbasis hex untuk sementara,
dan Anda menemukan bahwa Age of Wonders — termasuk Planetfall — berbagi
sebanyak dengan seri Heroes of Might and Magic klasik seperti halnya dengan
Civilization. Di sini, pahlawan Anda dan pasukan yang mereka perintah adalah
karakter asli yang mendapatkan pengalaman, mempelajari keterampilan baru, dan
dapat membawa peralatan yang semakin mematikan untuk ditanggung di medan
perang. Semua karakter ini milik faksi-faksi yang memiliki gaya permainan yang
sangat berbeda, tetapi dengan membangun aliansi dan bekerja dengan masyarakat
setempat, dimungkinkan untuk mencampur dan mencocokkan unit dan pahlawan dari
seluruh kebun binatang yang luas di Planetfall. Dan karena ini adalah game Age
of Wonders, itu termasuk penguin pertempuran.
Kampanye cerita multi-string Planetfall berfungsi sebagai
pengantar naratif dan mekanis untuk faksi-faksi yang ada saat ini. Ada
Vanguard, faksi manusia yang baru-baru ini muncul dari dua abad dalam tidur
kriogenik setelah jatuhnya Star Union, yang oleh sebagian besar akun adalah
hegemoni yang ruthless dan korup yang membuat banyak ras non-manusia dalam
penaklukan hina sampai runtuh. Pasukan laser-toting dari Vanguard dan ramble
yang membantu adalah yang withering vanila dan withering dikenal dari ras
Planetfall. Selama kampanye, Anda akan bertemu dan bermain sebagai faksi asing
dan lebih menarik (yang semuanya tersedia segera dalam mode skenario).

Kir'Ko adalah ras insektoid, mungkin nerdier, kerabat yang
lebih profound dari serangga dari Starship Troopers. Tentu saja mereka memiliki
karapas yang keras dan penjepit pisaunya yang standar, tetapi mereka juga
dilengkapi dengan berbagai kemampuan psionik yang memungkinkan mereka untuk
menghancurkan kemauan musuh atau meningkatkan pertahanan satu sama lain ketika
mereka tetap bersatu.
Dengan setiap misi Anda juga akan belajar lebih banyak
tentang pengaturan Planetfall yang sangat dalam. Apa yang pada mulanya tampak
sebagai dalih science fiction standar lain untuk dinosaurus dengan laser di
kepala mereka dengan cepat mengungkapkan sebuah dunia yang ingin saya pelajari
lebih lanjut, dan yang cerita latar karakternya mendorong saya maju melalui
setiap misi berikutnya. Planetfall membalik naskah pada beberapa kiasan science
fiction lama dengan cara yang menyenangkan. Kali ini, misalnya, 'serangga'
Kir'Ko adalah korban penindasan dan perbudakan manusia dari generasi ke
generasi, dan kita mendapatkan pengalaman melawan kutu dalam bentuk
"pendarahan karung" yang tampaknya tidak bisa mereka lakukan.
singkirkan tidak peduli seberapa jauh mereka bepergian di galaksi.
Selain spesies yang dapat dimainkan, Anda juga akan
menemukan beberapa faksi NPC yang tersebar di setiap peta. Orang-orang pribumi
ini dapat berteman atau bermusuhan tergantung pada tujuan Anda untuk permainan
tertentu. Mereka memiliki hubungan mereka sendiri satu sama lain dan pesaing Anda.
Meskipun Anda tidak dapat memilih untuk bermain seperti mereka, membangun
kepercayaan akan memungkinkan Anda untuk merekrut unit unik mereka, yang dapat
mencakup pikiran-ubur-ubur mengambang dan penguin perang yang disebutkan di
atas. Ada sederetan unit yang luar biasa tersedia dan, seperti dalam game
Heroes of Might and Magic yang lama, Anda bebas untuk merekrut, mencampur, dan
mencocokkan sesuai keinginan Anda, menemukan sinergi dan teknologi baru di
sepanjang jalan.
Lebih cepat, Battlecat! Membunuh! Membunuh!
Lebih dari elemen individu lainnya, apa yang membuat
Planetfall terasa segar dan menyenangkan adalah langkahnya yang relatif cepat.
Permukiman cenderung tumbuh dengan cepat, pasukan berkeliaran di sekitar peta,
dan wilayah ditaklukkan dalam bongkahan alih-alih sebagai fungsi perbatasan
yang melotot. Setiap dunia yang dihasilkan secara prosedural tempat Anda
mendarat di Planetfall memiliki geografi wilayahnya sendiri yang telah
ditentukan sebelumnya, dan Anda akan mengendalikan ini dengan sengaja alih-alih
hanya menunggu saat populasi Anda tumbuh ke dalamnya, sesuai model Peradaban.

Peningkatan kecepatan lebih dari 4X tradisional meluas ke
sebagian besar aspek Planetfall. Meskipun Anda bebas untuk meributkan setiap
gerakan dalam pertempuran taktis, Anda dapat mengubah kendali ke komputer di
titik mana play on words, atau minta AI mengadili mereka sama sekali jika
kemungkinannya sangat tidak merata atau Anda tidak tertarik pada hal itu.
lapisan permainan. Itu akan memalukan, karena pertempuran taktik ketat
Planetfall adalah hadiah, dan mereka dengan cepat menjadi jauh lebih dalam
daripada yang pertama kali muncul.
Setiap unit di peta strategis berbasis hex Planetfall
sebenarnya adalah pasukan yang dapat menampung hingga enam unit, yang kemudian
membawanya keluar pada peta tiga dimensi ketika percakapan berjalan ke selatan.
Ketika saya pertama kali menemukan ini Age of Wonders atau dua yang lalu, saya
membuat kesalahan dengan berpikir mereka adalah versi pertempuran XCOM yang menyenangkan
tetapi disederhanakan. Saya senang mengetahui bahwa saya salah waktu itu, dan
berbagai unit, senjata, dan efek status Planetfall yang berarti pertempuran
bahkan lebih bervariasi kali ini. Peta pertempuran itu sendiri indah untuk
dilihat dan beragam seperti medan planet tempat mereka terbuka. Ada jalan raya
yang dibombardir, kuil hutan, taman industri, dan lanskap snow capped yang
tertutup salju. Beberapa peta dipenuhi dengan pecahan hitam berduri dan celah
dimensional.
Pertempuran di Bendungan
Mungkin Anda telah menaikkan kapten dengan tunjangan seperti
Ranged Expert dan Deadeye, dan memberinya senapan sharpshooter yang menembakkan
proyektil batal dimensi ekstra. Anda dapat bertengger di tanggul yang menghadap
ke jurang di mana saingan Kir'Ko Anda pasti akan membanjiri, sementara Anda
mengirim pasukan dengan senapan laser dan mengatur mereka untuk mengawasi
ketika bug pasti bergegas ke jarak dekat. Atau mungkin Anda memiliki pahlawan
Dvar dengan pilot dan juggernaut mer: masukkan dia ke tangki excavator raksasa
dan terowongan di bawah musuh Anda sementara unit garis Trencher Anda
memunculkan benteng di sepanjang garis. Setiap unit — termasuk penguin — dapat
dilengkapi dengan modul khusus yang dapat Anda teliti atau temukan, dan
terus-menerus bereksperimen dengan komposisi unit dan pemuatan yang berbeda
adalah satu ton kesenangan.
Yah, biasanya sangat menyenangkan. Ada beberapa lalat ruang
di salep luar angkasa Planetfall, dan salah satunya adalah bahwa informasi yang
Anda butuhkan mungkin sulit ditemukan pada awalnya. Mencari tahu apa arti
berbagai efek status pertarungan sebenarnya dalam hal ongoing interaction bisa
membingungkan, dan Codex dalam game tidak selalu membantu. Mungkin menyebalkan
untuk mengetahui apa yang harus diklik untuk memunculkan informasi penting
tentang wilayah yang Anda pertimbangkan untuk dilampirkan, dan pohon penelitian
pada awalnya buram. Butuh beberapa game sebelum saya memiliki gagasan yang kuat
tentang apa yang saya inginkan atau butuhkan, dan perubahan itu untuk setiap faksi.
Sementara instructional exercise melemparkan banyak informasi pada Anda pada
awalnya, itu jarang di beberapa daerah di mana Age of Wonders berangkat dari
templat Civilization.
Keluhan saya kecil. Period of Wonders: Planetfall tidak
hanya menawarkan perubahan pemandangan dari lanskap fantasi leluhurnya, ia juga
berhasil menggunakan pengaturan fiksi ilmiahnya secara imajinatif dan bermakna.
Dengan kampanye cerita yang menyenangkan dan opsi penyesuaian yang sangat
terperinci untuk skenario satu kali, ada banyak hal di sini yang bisa Anda
gunakan untuk menenggelamkan gigi — atau mandibula chittering, tergantung pada
kasusnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar