Rabu, 11 Maret 2020

AGE OF WONDERS: PLANETFALL REVIEW



Balas dendam adalah hidangan terbaik yang disajikan dingin, individualized organization pepatah kuno Klingon, dan tidak ada yang tahu ini lebih baik dari penguin. Setelah melakukan perjalanan antarbintang ke planet terpencil yang berdebu ini di samping gerombolan pejuang perbatasan saya yang kasar, para penguin dengan cepat membuktikan diri mereka pejuang yang mengagumkan dalam perang kami melawan serangga paranormal yang telah muncul lebih dulu. Ketika pasukan saya menjadi mangsa muntah serangga yang mematikan, penguin setinggi 10 kaki itu menyerbu untuk merobohkan serangga-serangga itu dengan paruh yang ditanggalkan.

Time of Wonders: Planetfall adalah science fiction turn off seri fantasi yang sudah berjalan lama; Alpha Centauri hingga Zaman Peradaban Keajaiban II. Penggemar seri ini akan menemukan Planetfall segera akrab, karena mempertahankan dinamika Triumph sekarang 'lebih cepat 4X' dibumbui dengan pertempuran taktis gaya-XCOM. Apa yang dimiliki Planetfall itu baru adalah para faksi yang menyenangkan, mulai dari ubur-ubur yang sangat pandai hingga spesies yang terus-menerus membangun kembali dirinya dari daging musuh-musuhnya yang jatuh.

Membangun Kota dan Melakukan Penelitian Baru


Untuk pendatang baru ke seri Age of Wonders, tulang-tulang permainan akan akrab dari visi seri Civilization of the 4X: tiba di planet ini, membangun kota pertama, meneliti teknologi baru, menjelajahi dan mendiami daerah sekitarnya, dan membangun sebuah pasukan militer untuk menghadapi ancaman sekitar dan pemain lain yang mencoba melakukan hal yang sama. Tujuan utama Anda adalah untuk menghilangkan pesaing Anda atau menyelesaikan beberapa pencapaian yang mengubah dunia.

Tetapi kesampingkan peta dunia berbasis hex untuk sementara, dan Anda menemukan bahwa Age of Wonders — termasuk Planetfall — berbagi sebanyak dengan seri Heroes of Might and Magic klasik seperti halnya dengan Civilization. Di sini, pahlawan Anda dan pasukan yang mereka perintah adalah karakter asli yang mendapatkan pengalaman, mempelajari keterampilan baru, dan dapat membawa peralatan yang semakin mematikan untuk ditanggung di medan perang. Semua karakter ini milik faksi-faksi yang memiliki gaya permainan yang sangat berbeda, tetapi dengan membangun aliansi dan bekerja dengan masyarakat setempat, dimungkinkan untuk mencampur dan mencocokkan unit dan pahlawan dari seluruh kebun binatang yang luas di Planetfall. Dan karena ini adalah game Age of Wonders, itu termasuk penguin pertempuran.

Kampanye cerita multi-string Planetfall berfungsi sebagai pengantar naratif dan mekanis untuk faksi-faksi yang ada saat ini. Ada Vanguard, faksi manusia yang baru-baru ini muncul dari dua abad dalam tidur kriogenik setelah jatuhnya Star Union, yang oleh sebagian besar akun adalah hegemoni yang ruthless dan korup yang membuat banyak ras non-manusia dalam penaklukan hina sampai runtuh. Pasukan laser-toting dari Vanguard dan ramble yang membantu adalah yang withering vanila dan withering dikenal dari ras Planetfall. Selama kampanye, Anda akan bertemu dan bermain sebagai faksi asing dan lebih menarik (yang semuanya tersedia segera dalam mode skenario).


Sementara Vanguard tertidur lelap, kelompok lain menemukan jalan mereka melalui reruntuhan yang tersisa dari kehancuran Star Union. Ada Dvar, versi kurcaci Planetfall, kali ini memakai topeng gas dan sedikit aksen Rusia. Dvar lebih suka senjata peledak dan peralatan pertambangan, dan unit midgame mereka dapat terowongan di bawah medan perang atau membajak melalui barisan musuh. Nanti dalam permainan mereka benar-benar dapat menghancurkan pegunungan di peta strategis.
Kir'Ko adalah ras insektoid, mungkin nerdier, kerabat yang lebih profound dari serangga dari Starship Troopers. Tentu saja mereka memiliki karapas yang keras dan penjepit pisaunya yang standar, tetapi mereka juga dilengkapi dengan berbagai kemampuan psionik yang memungkinkan mereka untuk menghancurkan kemauan musuh atau meningkatkan pertahanan satu sama lain ketika mereka tetap bersatu.

Dengan setiap misi Anda juga akan belajar lebih banyak tentang pengaturan Planetfall yang sangat dalam. Apa yang pada mulanya tampak sebagai dalih science fiction standar lain untuk dinosaurus dengan laser di kepala mereka dengan cepat mengungkapkan sebuah dunia yang ingin saya pelajari lebih lanjut, dan yang cerita latar karakternya mendorong saya maju melalui setiap misi berikutnya. Planetfall membalik naskah pada beberapa kiasan science fiction lama dengan cara yang menyenangkan. Kali ini, misalnya, 'serangga' Kir'Ko adalah korban penindasan dan perbudakan manusia dari generasi ke generasi, dan kita mendapatkan pengalaman melawan kutu dalam bentuk "pendarahan karung" yang tampaknya tidak bisa mereka lakukan. singkirkan tidak peduli seberapa jauh mereka bepergian di galaksi.

Selain spesies yang dapat dimainkan, Anda juga akan menemukan beberapa faksi NPC yang tersebar di setiap peta. Orang-orang pribumi ini dapat berteman atau bermusuhan tergantung pada tujuan Anda untuk permainan tertentu. Mereka memiliki hubungan mereka sendiri satu sama lain dan pesaing Anda. Meskipun Anda tidak dapat memilih untuk bermain seperti mereka, membangun kepercayaan akan memungkinkan Anda untuk merekrut unit unik mereka, yang dapat mencakup pikiran-ubur-ubur mengambang dan penguin perang yang disebutkan di atas. Ada sederetan unit yang luar biasa tersedia dan, seperti dalam game Heroes of Might and Magic yang lama, Anda bebas untuk merekrut, mencampur, dan mencocokkan sesuai keinginan Anda, menemukan sinergi dan teknologi baru di sepanjang jalan.

Lebih cepat, Battlecat! Membunuh! Membunuh!


Lebih dari elemen individu lainnya, apa yang membuat Planetfall terasa segar dan menyenangkan adalah langkahnya yang relatif cepat. Permukiman cenderung tumbuh dengan cepat, pasukan berkeliaran di sekitar peta, dan wilayah ditaklukkan dalam bongkahan alih-alih sebagai fungsi perbatasan yang melotot. Setiap dunia yang dihasilkan secara prosedural tempat Anda mendarat di Planetfall memiliki geografi wilayahnya sendiri yang telah ditentukan sebelumnya, dan Anda akan mengendalikan ini dengan sengaja alih-alih hanya menunggu saat populasi Anda tumbuh ke dalamnya, sesuai model Peradaban.


Setiap koloni akan menarik warga saat Anda membangun perbaikan, dan begitu Anda telah mencapai tingkat tertentu, Anda dapat memilih untuk mencaplok wilayah tetangga. Anda masih dapat membangun unit penjajah, tetapi ini tidak dapat digunakan di daerah yang berdekatan. Sebaliknya, Anda perlu memperluas dengan memilih daerah terdekat yang kaya sumber daya, melenggang di dalam pasukan dan mengumumkan bahwa Anda adalah penguasa baru. Hal ini membuat permainan awal yang mengisi peta menyenangkan, dan dalam beberapa lusin giliran Anda umumnya akan menemukan bahwa sebagian besar territory telah tersentak atau setidaknya telah diucapkan. Setelah ini terjadi, Anda perlu beberapa belokan untuk mendapatkan kendali atas wilayah musuh, yang dapat membuat opsi diplomatik jauh lebih menarik.

Peningkatan kecepatan lebih dari 4X tradisional meluas ke sebagian besar aspek Planetfall. Meskipun Anda bebas untuk meributkan setiap gerakan dalam pertempuran taktis, Anda dapat mengubah kendali ke komputer di titik mana play on words, atau minta AI mengadili mereka sama sekali jika kemungkinannya sangat tidak merata atau Anda tidak tertarik pada hal itu. lapisan permainan. Itu akan memalukan, karena pertempuran taktik ketat Planetfall adalah hadiah, dan mereka dengan cepat menjadi jauh lebih dalam daripada yang pertama kali muncul.

Setiap unit di peta strategis berbasis hex Planetfall sebenarnya adalah pasukan yang dapat menampung hingga enam unit, yang kemudian membawanya keluar pada peta tiga dimensi ketika percakapan berjalan ke selatan. Ketika saya pertama kali menemukan ini Age of Wonders atau dua yang lalu, saya membuat kesalahan dengan berpikir mereka adalah versi pertempuran XCOM yang menyenangkan tetapi disederhanakan. Saya senang mengetahui bahwa saya salah waktu itu, dan berbagai unit, senjata, dan efek status Planetfall yang berarti pertempuran bahkan lebih bervariasi kali ini. Peta pertempuran itu sendiri indah untuk dilihat dan beragam seperti medan planet tempat mereka terbuka. Ada jalan raya yang dibombardir, kuil hutan, taman industri, dan lanskap snow capped yang tertutup salju. Beberapa peta dipenuhi dengan pecahan hitam berduri dan celah dimensional.

Pertempuran di Bendungan


Mungkin Anda telah menaikkan kapten dengan tunjangan seperti Ranged Expert dan Deadeye, dan memberinya senapan sharpshooter yang menembakkan proyektil batal dimensi ekstra. Anda dapat bertengger di tanggul yang menghadap ke jurang di mana saingan Kir'Ko Anda pasti akan membanjiri, sementara Anda mengirim pasukan dengan senapan laser dan mengatur mereka untuk mengawasi ketika bug pasti bergegas ke jarak dekat. Atau mungkin Anda memiliki pahlawan Dvar dengan pilot dan juggernaut mer: masukkan dia ke tangki excavator raksasa dan terowongan di bawah musuh Anda sementara unit garis Trencher Anda memunculkan benteng di sepanjang garis. Setiap unit — termasuk penguin — dapat dilengkapi dengan modul khusus yang dapat Anda teliti atau temukan, dan terus-menerus bereksperimen dengan komposisi unit dan pemuatan yang berbeda adalah satu ton kesenangan.

Yah, biasanya sangat menyenangkan. Ada beberapa lalat ruang di salep luar angkasa Planetfall, dan salah satunya adalah bahwa informasi yang Anda butuhkan mungkin sulit ditemukan pada awalnya. Mencari tahu apa arti berbagai efek status pertarungan sebenarnya dalam hal ongoing interaction bisa membingungkan, dan Codex dalam game tidak selalu membantu. Mungkin menyebalkan untuk mengetahui apa yang harus diklik untuk memunculkan informasi penting tentang wilayah yang Anda pertimbangkan untuk dilampirkan, dan pohon penelitian pada awalnya buram. Butuh beberapa game sebelum saya memiliki gagasan yang kuat tentang apa yang saya inginkan atau butuhkan, dan perubahan itu untuk setiap faksi. Sementara instructional exercise melemparkan banyak informasi pada Anda pada awalnya, itu jarang di beberapa daerah di mana Age of Wonders berangkat dari templat Civilization.

Keluhan saya kecil. Period of Wonders: Planetfall tidak hanya menawarkan perubahan pemandangan dari lanskap fantasi leluhurnya, ia juga berhasil menggunakan pengaturan fiksi ilmiahnya secara imajinatif dan bermakna. Dengan kampanye cerita yang menyenangkan dan opsi penyesuaian yang sangat terperinci untuk skenario satu kali, ada banyak hal di sini yang bisa Anda gunakan untuk menenggelamkan gigi — atau mandibula chittering, tergantung pada kasusnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar