
Ia tidak sampai pada bobot filosofis yang diinginkannya.
Murmurs of a Machine adalah gim petualangan yang bagus, terkadang pintar,
tetapi konsep-konsep berat yang menggelitiknya sejak awal dengan cepat memberi
jalan kepada misteri pembunuhan konvensional dalam suasana yang tidak
konvensional: Dunia samar-samar pasca-apokaliptik yang telah rusak sejak dahulu
kala, untuk-alasan-keruntuhan yang tidak diketahui dari komputer dan mesin yang
digerakkan AI yang telah diandalkan umat manusia.
Sebagai akibat dari gangguan itu, dunia ini agak
menyebalkan, meskipun belum tentu lebih sepi daripada yang akan terjadi dalam
20 tahun lagi. Pekerjaan itu komunal, tempat tinggal sempit dan sederhana, dan
ada suasana penindasan yang menggantung di atas segalanya. Jika tidak ada yang
lain, itu bisa dipercaya. Vera Englund adalah salah satu dari operasi withering elit
di dunia ini, agen khusus dari Biro Pusat yang telah dikirim ke kota Nordsund
yang terpencil untuk menyelidiki pembunuhan yang mengerikan. Tetapi ketika dia
tiba, dia menemukan bahwa satu pembunuhan telah menjadi dua, dan kemudian tiga
— situasinya jelas lebih rumit dari yang dia duga.
Baca Juga : WARGROOVE - GAME REVIEW
Untungnya untuk semua yang terlibat (kecuali orang jahat),
Englund dilengkapi dengan sejumlah kemampuan khusus sebagai hasil dari
"mengambil Biru," istilah slang untuk disuntikkan dengan nanofluid
samar-samar yang memberikan kemampuan seperti peningkatan kekuatan dan
"forensik" pemindai "yang dapat mendeteksi dan menganalisis
petunjuk.
Nanti di dalam permainan dia juga akan mengembangkan
kemampuan yang dipersonalisasi, di mana segala sesuatu mulai menjadi menarik.
Dalam fiksi permainan, Si Biru beradaptasi sesuai dengan kebutuhan setiap
pengguna. Dalam istilah praktis, pilihan yang Anda buat dalam tindakan dan
percakapan akan menarik kepribadian Vera ke salah satu dari tiga arah —
empatik, analitis, atau tegas — yang pada gilirannya akan menentukan
peningkatan apa yang ia dapatkan. Anda mungkin dapat mengambil penampilan orang
lain, atau menghilang sepenuhnya dari pandangan; beberapa agen dapat
menimbulkan amnesia jangka pendek pada NPC, sementara yang lain dapat
membengkokkannya sesuai kehendak mereka dengan pikiran yang mengendalikan
pikiran.
Membangun karakter
Menaikkan taruhannya lebih jauh, Whispers of a Machine tidak
memungkinkan penyimpanan manual. Pengembangan karakter RPG-esque adalah hal
yang withering menarik tentang Whispers of a Machine, dan ironi adalah bahwa
kecuali Anda benar-benar memperhatikan Anda kemungkinan besar akan
melewatkannya. Tidak ada indikasi bahwa Anda mengembangkan kemampuan ini
alih-alih kemampuan itu — kemampuannya cukup membuka, dan Anda melanjutkan hari
Anda. Ini adalah sistem tersembunyi yang memungkiri kerumitan gim ini, tetapi
saya menyukainya karena memberikan pengertian yang lebih berbeda bahwa Vera
adalah Anda: Alih-alih metagaming atau blend maxing atau savescumming atau apa
play on words yang Anda lakukan untuk mencapai hasil ideal (dan ya, Saya juga
melakukannya), Anda mendapatkan apa yang Anda dapatkan. Kamu adalah siapa dirimu.
Menaikkan taruhannya lebih jauh, Whispers of a Machine tidak
mengizinkan penyelamatan secara manual, jadi kecuali jika Anda ingin
berkeliaran dengan menyalin dan menimpa record penyimpanan secara manual, Anda
memiliki setiap keputusan yang Anda buat, baik atau buruk. Apakah Anda menyesal
menjadi orang brengsek bagi pria robotika aneh? Seandainya kamu tidak memotong
jari pria itu? (Yes, itu ada di menu.) Merasa seperti Anda seharusnya sedikit
lebih kuat dengan kepolisian lokal? Sayang sekali — jika Anda ingin
melakukannya secara berbeda, ulangi permainannya.

Satu hal yang saya sangat hargai dari Whispers of a Machine
adalah langkahnya yang cepat. Itu terungkap selama empat hari, masing-masing
merupakan segmen dari misteri yang berakhir dengan rekap peristiwa hari itu.
Laporan akhir hari itu kepada atasan saya memberi saya kemajuan nyata karena
mereka memecah permainan menjadi beberapa bagian terpisah: Saya melakukan ini
dan ini, dan besok saya perlu melakukan itu dan itu.
Sebuah buku catatan otomatis membuat pelacakan jalannya
investigasi cukup sederhana, dan ketika Anda memasuki lokasi dengan teka-teki
yang perlu dipecahkan, Anda tidak dapat pergi sampai selesai. Reaksi awal saya
adalah iritasi (saya buntu! Biarkan saya keluar!) Tetapi saya dengan cepat
menjadi menyukainya. Sebagai seseorang yang menghabiskan banyak waktu dalam
petualangan lain berlari bolak-balik di 27 kamar yang berbeda mencoba untuk
mencari tahu apa yang harus saya lakukan selanjutnya, saya tidak ragu disimpan
di tempat untuk menyelesaikan masalah tertentu menyelamatkan saya banyak
frustrasi.
Ide kecil
Yang tidak mengatakan bahwa tidak ada contoh Adventure Game
Bullshit — ada, dan mereka untungnya jarang tetapi masih membuat frustrasi.
(Tidak ada spoiler, tetapi Anda pasti ingin memperhatikan Codex.) Ada juga satu
cara over-the-top saat deus ex machina omong kosong milik nanofluid dekat-magis
Vera: Dia menderita cedera yang oleh semua hak seharusnya meninggalkannya.
sudah mati tiga kali, tetapi dia malah pergi dengan sedikit melambaikan tangan
tentang sang Biru yang bekerja lembur untuk membuatnya tetap hidup. Ya, tapi
kamu bahkan tidak pincang, Vera. Insiden ini cukup konyol sehingga benar-benar
menonjol dalam sebuah cerita yang sebaliknya fokus dan menarik.

Sebagian Besar Keluhan Saya Muncul
Mengapa, misalnya, adalah Nordsund dibangun di atas oh dear
besar yang mengangkat seluruh kota sialan ratusan kaki ke udara? Permukaan bumi
di bawahnya sangat bagus, suasananya aman, tidak ada Morlocks berlarian; hanya
saja, dan itu tidak terlalu memuaskan. Tidak ada akhiran multi bagian. Sangat menyenangkan untuk
dapat menentukan nasib akhir permainan Anda sendiri, tetapi pilihan biner yang
membungkus Whispers of a Machine jatuh datar karena Anda juga melakukan hal
yang jelas telah Anda upayakan sepanjang permainan (dan, mungkin, Anda seluruh
karier sebagai Agen), atau yang benar-benar keluar dari karakter, entah dari
mana, dengan hanya rasionalisasi withering tipis untuk melakukannya. Itu terasa
dipaksakan dan tidak pada tempatnya — sebuah akhiran gaya RPG melekat pada
sebuah game yang bukan RPG, tanpa alasan yang jelas.
Sebagian besar keluhan saya muncul dari apa yang saya lihat
sebagai potensi yang tidak terpenuhi. Sedikit lebih dalam dan detail akan
membuat dunia merasa tidak hanya bisa dipercaya tetapi nyata dan hidup. Tetapi,
diambil apa adanya — petualangan investigasi point-and-klik singkat dan
menghibur — saya sangat menyukai Whispers of a Machine. Meskipun itu tersandung
sebagai permainan 'ide besar', itu muncul dengan baik sebagai cerita detektif
mandiri dengan curve science fiction. Murmurs of a Machine sedikit seperti Law and Order yang
baik, dua bagian dari musim empat: tidak terlalu lama (lima atau enam jam) dan
tidak terlalu dalam, tetapi nyaman, menyenangkan, dan mudah dicerna.
Pertahankan harapan Anda tepat di tengah dan Anda akan bersenang-senang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar