Selasa, 17 Maret 2020

WHISPERS OF A MACHINE - REVIEW



Murmurs of a Machine mengejar ide-ide besar, salah satunya digoda dalam percakapan awal permainan antara seorang master dan murid-murid mudanya. Kecerdasan buatan sangat dilarang, dia memperingatkan, dan polisi akan datang untuk siapa saja yang mencoba untuk membuat sesuatu yang dapat berpikir untuk dirinya sendiri. Tetapi bagaimana dengan orang tua saya, seorang murid yang berpikir cepat bertanya. Mereka membuat saya, dan saya bisa berpikir sendiri. Apakah mereka akan dipenjara? 
Ia tidak sampai pada bobot filosofis yang diinginkannya. Murmurs of a Machine adalah gim petualangan yang bagus, terkadang pintar, tetapi konsep-konsep berat yang menggelitiknya sejak awal dengan cepat memberi jalan kepada misteri pembunuhan konvensional dalam suasana yang tidak konvensional: Dunia samar-samar pasca-apokaliptik yang telah rusak sejak dahulu kala, untuk-alasan-keruntuhan yang tidak diketahui dari komputer dan mesin yang digerakkan AI yang telah diandalkan umat manusia.

Sebagai akibat dari gangguan itu, dunia ini agak menyebalkan, meskipun belum tentu lebih sepi daripada yang akan terjadi dalam 20 tahun lagi. Pekerjaan itu komunal, tempat tinggal sempit dan sederhana, dan ada suasana penindasan yang menggantung di atas segalanya. Jika tidak ada yang lain, itu bisa dipercaya. Vera Englund adalah salah satu dari operasi withering elit di dunia ini, agen khusus dari Biro Pusat yang telah dikirim ke kota Nordsund yang terpencil untuk menyelidiki pembunuhan yang mengerikan. Tetapi ketika dia tiba, dia menemukan bahwa satu pembunuhan telah menjadi dua, dan kemudian tiga — situasinya jelas lebih rumit dari yang dia duga.


Untungnya untuk semua yang terlibat (kecuali orang jahat), Englund dilengkapi dengan sejumlah kemampuan khusus sebagai hasil dari "mengambil Biru," istilah slang untuk disuntikkan dengan nanofluid samar-samar yang memberikan kemampuan seperti peningkatan kekuatan dan "forensik" pemindai "yang dapat mendeteksi dan menganalisis petunjuk.

Nanti di dalam permainan dia juga akan mengembangkan kemampuan yang dipersonalisasi, di mana segala sesuatu mulai menjadi menarik. Dalam fiksi permainan, Si Biru beradaptasi sesuai dengan kebutuhan setiap pengguna. Dalam istilah praktis, pilihan yang Anda buat dalam tindakan dan percakapan akan menarik kepribadian Vera ke salah satu dari tiga arah — empatik, analitis, atau tegas — yang pada gilirannya akan menentukan peningkatan apa yang ia dapatkan. Anda mungkin dapat mengambil penampilan orang lain, atau menghilang sepenuhnya dari pandangan; beberapa agen dapat menimbulkan amnesia jangka pendek pada NPC, sementara yang lain dapat membengkokkannya sesuai kehendak mereka dengan pikiran yang mengendalikan pikiran.

Membangun karakter


Menaikkan taruhannya lebih jauh, Whispers of a Machine tidak memungkinkan penyimpanan manual. Pengembangan karakter RPG-esque adalah hal yang withering menarik tentang Whispers of a Machine, dan ironi adalah bahwa kecuali Anda benar-benar memperhatikan Anda kemungkinan besar akan melewatkannya. Tidak ada indikasi bahwa Anda mengembangkan kemampuan ini alih-alih kemampuan itu — kemampuannya cukup membuka, dan Anda melanjutkan hari Anda. Ini adalah sistem tersembunyi yang memungkiri kerumitan gim ini, tetapi saya menyukainya karena memberikan pengertian yang lebih berbeda bahwa Vera adalah Anda: Alih-alih metagaming atau blend maxing atau savescumming atau apa play on words yang Anda lakukan untuk mencapai hasil ideal (dan ya, Saya juga melakukannya), Anda mendapatkan apa yang Anda dapatkan. Kamu adalah siapa dirimu.

Menaikkan taruhannya lebih jauh, Whispers of a Machine tidak mengizinkan penyelamatan secara manual, jadi kecuali jika Anda ingin berkeliaran dengan menyalin dan menimpa record penyimpanan secara manual, Anda memiliki setiap keputusan yang Anda buat, baik atau buruk. Apakah Anda menyesal menjadi orang brengsek bagi pria robotika aneh? Seandainya kamu tidak memotong jari pria itu? (Yes, itu ada di menu.) Merasa seperti Anda seharusnya sedikit lebih kuat dengan kepolisian lokal? Sayang sekali — jika Anda ingin melakukannya secara berbeda, ulangi permainannya.

Sisi buruk dari koin itu adalah bahwa sementara Whispers of a Machine cukup pendek sehingga replay bukanlah tugas yang hebat, benar-benar tidak cukup untuk membenarkan go through detik penuh. Kisah sentralnya menarik tetapi dunia gim ini kecil dan terasa hampa — hampir tidak ada karakter di dalam gim kecuali yang Anda perlukan untuk berinteraksi, yang hanya muncul ketika Anda perlu berinteraksi dengan mereka — dan tidak ada pencarian sampingan atau koleksi. atau tambahan opsional. Yang tersisa adalah cara berbeda untuk menyelesaikan masalah yang sama dan relatif sedikit: Tergantung pada penambahan Anda, Anda mungkin menyamar sebagai NPC untuk melewati penjaga, atau malah menggunakan jubah tembus pandang. Dan hei, mungkin itulah yang Anda cari dalam banyak gangguan — Anda bisa! Bagi saya, ini agak terlalu tipis untuk dilakukan.

Satu hal yang saya sangat hargai dari Whispers of a Machine adalah langkahnya yang cepat. Itu terungkap selama empat hari, masing-masing merupakan segmen dari misteri yang berakhir dengan rekap peristiwa hari itu. Laporan akhir hari itu kepada atasan saya memberi saya kemajuan nyata karena mereka memecah permainan menjadi beberapa bagian terpisah: Saya melakukan ini dan ini, dan besok saya perlu melakukan itu dan itu.

Sebuah buku catatan otomatis membuat pelacakan jalannya investigasi cukup sederhana, dan ketika Anda memasuki lokasi dengan teka-teki yang perlu dipecahkan, Anda tidak dapat pergi sampai selesai. Reaksi awal saya adalah iritasi (saya buntu! Biarkan saya keluar!) Tetapi saya dengan cepat menjadi menyukainya. Sebagai seseorang yang menghabiskan banyak waktu dalam petualangan lain berlari bolak-balik di 27 kamar yang berbeda mencoba untuk mencari tahu apa yang harus saya lakukan selanjutnya, saya tidak ragu disimpan di tempat untuk menyelesaikan masalah tertentu menyelamatkan saya banyak frustrasi.

Ide kecil


Yang tidak mengatakan bahwa tidak ada contoh Adventure Game Bullshit — ada, dan mereka untungnya jarang tetapi masih membuat frustrasi. (Tidak ada spoiler, tetapi Anda pasti ingin memperhatikan Codex.) Ada juga satu cara over-the-top saat deus ex machina omong kosong milik nanofluid dekat-magis Vera: Dia menderita cedera yang oleh semua hak seharusnya meninggalkannya. sudah mati tiga kali, tetapi dia malah pergi dengan sedikit melambaikan tangan tentang sang Biru yang bekerja lembur untuk membuatnya tetap hidup. Ya, tapi kamu bahkan tidak pincang, Vera. Insiden ini cukup konyol sehingga benar-benar menonjol dalam sebuah cerita yang sebaliknya fokus dan menarik.

Keluhan terbesar saya secara keseluruhan adalah bahwa saya menginginkan lebih banyak koherensi dari Whispers of a Machine. Dunia, yang dipenuhi dengan robot waste dan bergantung pada sumber energi alternatif, menjanjikan pandangan yang tidak biasa dan menarik tentang peradaban yang tidak berakhir begitu banyak seperti menggiling dirinya sendiri ke dalam lubang yang masih bisa digali oleh manusia. Tapi semua mendesis dan tidak ada steak. Kadang-kadang itu bisa berhasil — Primordia yang luar biasa melompat ke pikiran sebagai contoh pengaturan yang dibangun sepenuhnya pada pertanyaan yang masih berhasil merasa lengkap — tetapi ketika elemen-elemen utama menonjol sebagai sangat aneh, saya merasa seperti harus ada setidaknya beberapa tanda terima kasih kepada membenarkan mereka.

Sebagian Besar Keluhan Saya Muncul

Mengapa, misalnya, adalah Nordsund dibangun di atas oh dear besar yang mengangkat seluruh kota sialan ratusan kaki ke udara? Permukaan bumi di bawahnya sangat bagus, suasananya aman, tidak ada Morlocks berlarian; hanya saja, dan itu tidak terlalu memuaskan. Tidak ada akhiran multi bagian. Sangat menyenangkan untuk dapat menentukan nasib akhir permainan Anda sendiri, tetapi pilihan biner yang membungkus Whispers of a Machine jatuh datar karena Anda juga melakukan hal yang jelas telah Anda upayakan sepanjang permainan (dan, mungkin, Anda seluruh karier sebagai Agen), atau yang benar-benar keluar dari karakter, entah dari mana, dengan hanya rasionalisasi withering tipis untuk melakukannya. Itu terasa dipaksakan dan tidak pada tempatnya — sebuah akhiran gaya RPG melekat pada sebuah game yang bukan RPG, tanpa alasan yang jelas.

Sebagian besar keluhan saya muncul dari apa yang saya lihat sebagai potensi yang tidak terpenuhi. Sedikit lebih dalam dan detail akan membuat dunia merasa tidak hanya bisa dipercaya tetapi nyata dan hidup. Tetapi, diambil apa adanya — petualangan investigasi point-and-klik singkat dan menghibur — saya sangat menyukai Whispers of a Machine. Meskipun itu tersandung sebagai permainan 'ide besar', itu muncul dengan baik sebagai cerita detektif mandiri dengan curve science fiction. Murmurs of a Machine sedikit seperti Law and Order yang baik, dua bagian dari musim empat: tidak terlalu lama (lima atau enam jam) dan tidak terlalu dalam, tetapi nyaman, menyenangkan, dan mudah dicerna. Pertahankan harapan Anda tepat di tengah dan Anda akan bersenang-senang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar